4 SEHAT 5 INTERNET (internet,jejearing sosial dan fenomena nya)

Pada dasarnya dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Dari sekian banyak kebutuhan yang diperlukan manusia, kebutuhan manusia kemudian digolongkan menjadi 3 jenis yaitu:
1. Kebutuhan Primer
2. Kebutuhan Sekunder
3. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux

Kebutuhan sekunder berupa hiburan dapat berupa menonton TV, menonton film bioskop, jalan-jalan dan kegiatan lain yang sifatnya menghibur seperti berjalan-jalan di dunia maya atau yang kita kenal dengan kata browsing. Namun kini kebutuhan akan penggunaan internet bukan lagi hanya sekedar pemenuhan kebutuhan sekunder. Kini kebutuhan nya sudah beralih menjadi kebutuhan primer. Kebutuhan manusia akan informasi dan hiburan yang disediakan oleh internet sudah menjadikan internet sebagai satu bagian yang WAJIB dipenuhi.

Pemanfaat internet yang dulu digunakan untuk mencari informasi kini berubah menjadi lebih banyak pemanfaatannya. Internet kini dapat digunakan untuk mencari uang dan juga mencari jodoh. 4 sehat 5 internet, itulah yang kini terjadi di masyarakat kebanyakan. Hal yang wajib dipenuhi kebutuhannya oleh manusia dari dulu sampai sekarang ada 4, yaitu:
1. makanan
2. minuman
3. pakaian
4. tempat tinggal

Dan di zaman modern ini muncul kebutuhan pokok yang ke-5 yaitu, internet. kini dari 10 orang 9 diantaranya pasti pernah menggunakan internet dan 7 diantaranya adalah pengguna aktif. Jika anda tidak percaya, anda dapat membuktikannya sendiri. Tanyakan pertanyaan “Apakah anda pernah menggunakan internet?”. tapi yang anda harus ingat adalah jangan menanyakan hal ini di mal atau daerah perkantoran karena jawabannya pasti “Ya!” cobalah anda menyakan pertanyaan ini di lingkunngan yang orangnya lebih heterogen seperti misalnya di dalam kendaraan angkutan umum seperti mikrolet atau metromini atau bus. Anda dapat buktikan kalau 9 dari 10 orang yang anda tanyakan akan menjawab kalau dia pernah menggunakan internet. di Indonesia sendiri pengguna internet terus meningkat setiap tahunnya.

Dimulai sejak tahun 2004, dimana di Indonesia mulai dikenal beberapa situs jejaring sosial yang diawali dengan friendster yang saat itu berkembang dengan pertumbuhan penggunanya yang sangat pesat. Disusul kemudian oleh facebook yang dibuat oleh salah satu mahasiswa Harvard Mark Zuckerberg di tahun 2006. Dan hanya dalam waktu 2 tahun facebook benar-benar merajai situs jejaring sosial termasuk pasarnya di Indonesia. Menurut data statistik yang dilansir CheckFacebook.com, jumlah pengguna Facebook di Indonesia masuk dalam 10 besar jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia. Indonesia berada di peringkat tujuh, diatas Australia, Spanyol, dan Kolombia di peringkat 10. Ketika saya jalan di mal atau di tempat-tempat umum lainnya saya sering melihat beberapa orang terutama anak-anak muda termasuk teman saya sendiri yang meninjam handphone hanya untuk sekedar meng- update status facebook mereka. Hal itu dilakukannya agar mereka terlihat eksis dan gaul.

Selain friendster dan facebook, ada 1 lagi situs yang paling banyak digemari oleh anak muda di Indonesia yaitu website forum kaskus. Sejak didirikan pada november tahun 2000, kaskus yang identik dengan FJB ( forum jual beli) semakin melekat dengan para user nya. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya komunitas-komunitas yang didirikan atas nama kaskus. Namun peningkatan pengguna internet di Indonesia tidak hanya menghasilkan dampak-dampak positif tapi juga banyak dampak negatif. Kemudahan yang didapat melalui internet justru menjadi kemunduran untuk bidang-bidang sosial dan kemanusiaan. Dengan adanya internet, manusia jadi malas untuk berjalan sekedar mencari informasi jalan dan tempat yang akan mereka tuju.
Chatting dan situs jejaring sosial, memudahkan para penggunanya untuk dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh jaraknya. Selain itu dengan situs jejaring sosial tidak sedikit dari kita yang dapat bertemu dengan teman lama atau saudara yang sudah lama hilang komunikasi. Bahkan sekarang beberapa situs jejaring sosial dapat diberdayakan untuk melancarkan promosi bisnis atau yang sering dikenal shopping on-line.

Namun selain dampak positif, jejaring sosial juga memiliki dampak negatif. Kemudahan berkomunikasi lewat jejaring sosial mengakibatkan berkurangnya komunikasi tatap muka antar komunikator dan komunikan. Banyak orang yang menjadi anti¬-sosial akibat internet karena mereka menganggap internet telah memenuhi segala kebutuhannya dan dia tidak lagi membutuhkan bantuan orang lain. Selain itu, penggunaan internet yang tidak terbatas waktu, jarak, ruang dan umur membuat banyak anak-anak yang menjadi salah kaprah dalam penggunaan internet. banyak kasus yang nyata seperti di warnet-warnet dimana anak-anak kecil yang tanpa pengawasan menggunakan internet mereka membuka situs-situs porno yang tidak seharusnya mereka konsumsi. Pembatasan penggunaan internet oleh orang tua sangatlah penting untuk user dibawah umur. Untuk hal ini orang tua dan para pengusaha warnet sangat disarankan untuk menggunakan program yang mampu mem-blok situs-situs yang memang sebaiknya tidak dikunjungi oleh anak-anak dan user lainnya agar tetap tercipta penggunaan internet yang aman.

Selain itu, dampak negatif yang lain dalam penggunaan internet adalah user atau pengguna internet menjadi lupa waktu, bahkan sampai lupa waktu untuk makan. Para user internet rela duduk berjam-jam bahkan berhari-hari di depan komputer sampai tidak mandi dikarenakan keasyikan meng-akses situs-situs jejaring sosial. Banyak sekali pengguna internet yang non-stop 24 jam menggunakan internet. penggunaan internet memang tidak terbatas waktu dan durasi selama penggunanya mampu membayar, namun alangkah baiknya apabila user mampu membatasi dan mengontrol penggunaan internet. selain untuk menjaga isi dompet hal ini juga baik untuk menjaga kesehatan mata.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s