“KNOWING”

Setelah memulai dengan film-film karya anak bangsa alias film Indonesia, kali ini saya mencoba mengkritik menganalisis film dari luar negri. Dan untuk yang pertama saya jatuhkan pilihan saya untuk film “KNOWING”.

knowing film posterSebuah penggalian yang dilakukan di sebuah sekolah menemukan barang-barang dari masa lalu yang memang sengaja dikubur untuk ditemukan orang-orang di masa yang akan datang. Salah satu dari hasil temuan itu adalah deretan angka yang dibuat oleh seorang anak lima puluh tahun yang silam. Semula deretan angka itu terlihat seperti deretan angka acak namun ternyata di balik deretan angka itu tersimpan sebuah misteri.

Caleb Koestler (Chandler Canterbury), putra John Koestler (Nicolas Cage) membawa temuan itu dan menunjukkan pada ayahnya yang memang adalah seorang ahli astrofisika. Setelah meneliti deretan angka tersebut, John menyadari ada sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh si penulis dan ternyata di dalam deretan angka itu juga tersimpan sebuah fakta yang menakutkan.

Dalam deretan angka itu tersimpan beberapa catatan kejadian selama lima puluh tahun terakhir. Artinya, saat deretan angka itu ditulis, sang penulis tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Meski semula tak percaya, namun John akhirnya mau tak mau merasa khawatir bahwa ramalan yang tertulis dalam deretan angka itu memang akan benar-benar terjadi. Dan yang paling menakutkan adalah ramalan yang menyebutkan bahwa tak lama lagi ras manusia akan punah.

Kini John punya dua pilihan: membiarkan itu semua terjadi secara wajar atau berusaha untuk menentang takdir dan menyelamatkan seluruh umat manusia dari kepunahan seperti yang digambarkan dalam ramalan dari masa lalu itu. Masalahnya, adakah orang yang percaya pada kata-kata John atau John harus menjalankan misi mulia ini seorang diri.

PEMAIN: Nicolas Cage, Rose Byrne

MY OPINION:

Banyak orang yang bilang jika film ini bagus apalagi film ini konon menggambarkan tentang peristiwa di akhir zaman, dan setelah saya menontonnya saya katakan film ini BAGUS TAPI ada yang perlu digaris bawahi yaitu Ending atau akhir dari cerita ini. Saat saya menontonnya, di awal saya begitu terkesan dengan angel-angel kamera yang begitu menarik. Apalagi penonton disuguhi pemotongan gambar yang begitu cepat sehingga mampu meningkatkan adrenalin penonton, ditambah lagi dengan sound effect yang mampu membuat penonton menahan nafas.

Alur cerita film ini begitu rapi, sehingga penonton tidak bingung dengan alur ceritanya. Namun yang sangat mengagumkan untuk saya adalah Effect Editing dari film ini. Film ini dipenuhi dengan Effect Editing yang sangat rapi sehingga effect tersebut terlihat begitu nyata, apalagi scene dimana John Koestler (Nicolas Cage) melihat secara langsung kecelakaan jatuhnya pesawat terbang. GOOD EFFECT!!!

Namun saya sedikit kecewa dengan Ending cerita yang menurut saya tidak masuk akal. Mengapa harus alien (makhluk dari luar planet) yang membawa Caleb Koestler (Chandler Canterbury) untuk memulai dunia yang baru. Namun secara keseluruhan film ini sangatlah menarik.

DAN UNTUK FILM INI SAYA MEMBERI BINTANG:starstarstarstar

1 Komentar

  1. kk…
    tuh bukan alien..
    tapi malaikat…
    khan nampak ada sayapnya 4…
    tapi halus x….
    lagian khan ada tertulis di kitab suci..
    kalo malaikat..
    adalah cahaya…
    tak nampak mukanya….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s